Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Bagi Anda

Kuliah merupakan jalan yang paling tepat untuk menuntun anda dalam menuju masa depan yang sukses. Maka setelah anda lulus SMA ataupun SMK anda sebaiknya melanjutkan sekolah anda ke Universitas daripada berdiam diri dirumah. Dengan mengambil kuliah anda akan menjadi lebih terbimbing dan anda akan memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai jurusan kuliah yang anda tempuh di Universitas tersebut. Maka dari itulah, anda jangan menyepelekan hal pemilihan jurusan, karena itu yang menjunjung keberhasilan anda nantinya. Oleh karena itu saya sampaikan beberapa tips dalam memilih jurusan yang tepat bagi anda.
Tips-Memilih-Jurusan-Kuliah-Yang-Tepat

1. Apa Minat Anda?
Faktor terpentingnya adalah ketertarikan atau minat atas suatu jurusan. Dengan mengikuti minat anda akan lebih mudah menangkap pelajaran serta lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran tersebut. Anda bisa juga menentukanya lewat hoby yang anda miliki. Semisal anda memiliki hoby mengotak atik komponen komputer, maka anda sebaiknya memilih jurusan, Teknik Elektronika, dan bukanya memilih jurusan ilmu listrik, atau bahkan ilmu kedokteran. Maka pertimbangkan minat anda secara mendalam.

2. Pertimbangkan Saran dan Masukan Orang lain!
Janganlah sepelekan saran dari orang lain, apalagi saran dari orang tua. Karena bagaimanapun orang tualah yang memahami sifat, perilaku, hoby bahkan minat anda. Sebaik - baiknya sara adalah saran dari orang tua karena orang tua telah mendidik, mengajari, serta menasehati kita bila ada kesalahan. Mengapa harus mempertimbangkan saran dari orang tua atau sahabat? Sahabat merupakan orang terdekat dengan kita selain orang tua, dan pastinya juga sangat menyayangi kita. Orang tua maupun sahabat tentunya tidak akan menjerumuskan kita kejalan yang salah, dan pastinya saran tersebut akan bermanfaat bagi anda.

3. Apa Keahlian Anda?
Jika anda memilih jurusan, itupun harus disertai alasan, seperti ahli dalam bidang tersebut atau sebagainya. Jangan asal - asalan memilih jurusan, apalagi jurusan yang tidak sebanding atas keahlian anda. Kembali lagi pada poin ke 2, jangan memilih jurusan dengan minat anda sendiri tanpa mempertimbangkanya pada orang tua atau sahabat. Misalnya anda memiliki keahlian dibidang Hukum, tetapi anda tertarik dengan jurusan Teknik Mesin. Itu adalah hal yang percuma saja, walaupun begitu sebagian orang akan merasa tertantang dengan hal baru. Tetapi jika anda tidak serius di bidang tersebut anda akan mendapat masalah. Sebaiknya anda mengikuti saja Saran, dan keahlian anda. Dengan memperdalam keahlian yang anda miliki, anda akan lebih mudah mendapat pekerjaan karena anda memiliki kemampuan yang lebih.

4. Perhatikan Keuangan Anda!
Setiap Universitas dengan kualitas hebat biasanya memiliki biaya yang cukup tinggi. Anda harus mempertimbangkanya juga, apakah anda sanggup membayar biaya kuliah anda atau tidak. Atau anda bisa juga bekerja sambil kuliah, anda bisa bekerja sampingan seperti Berjualan sesuatu atau anda bisa mencoba menghasilkan uang dari Blogging. Dengan penghasilan yang anda dapatkan dari kerja keras anda bisa anda gunakan untuk membayar biaya kuliah anda.

5. Cari Referensi dan Informasi
Bingung bidang studi apa yang ingin anda ikuti? Cari saja di internet atau buku. Dengan mencarinya di internet anda akan mendapatkan informasi pasti dari setiap bidang studi yang ingin anda pelajari, mulai dari cara pembelajaran, apa yang dipelajari, berapa tahun kuliah, dan lain sebagainya. Browsinglah dan cari referensi sebanyak - banyaknya. Cari saja pada official website dari Universitas favorit anda, tentunya konsultasikan juga pada orang tua.

Tips-Memilih-Jurusan-Kuliah-Yang-Tepat-Bagi-Anda

Nah, mungkin beberapa tips tersebut bisa membimbing anda untuk menentukan jurusan kuliah apa yang harus anda ikuti dan baca dahulu beberapa jurusan favorit tahun ini. Sekian artikel saya kali ini, semoga dapat membantu, terima kasih.
Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Bagi Anda
Item Reviewed: Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Bagi Anda 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!